Sosialisasi dan Pendampingan IDM

  • Apr 26, 2024
  • M. Samsul Adif Santoso

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Indeks Desa Membangun (IDM) meletakkan prakarsa dan kuatnya kapasitas masyarakat sebagai basis utama dalam proses kemajuan dan keberdayaan Desa, yaitu meliputi aspek Ketahanan Sosial, Ekonimi dan Ekologi (Lingkungan). Sehingga indeks ini difokuskan pada upaya penguatan otonomi Desa melalui pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat Desa inilah yang akan menjadi tumpuan utama terjadinya proses peningkatan partisipasi yang berkualitas, peningkatan pengetahuan, dan peningkatan keterampilan, atau secara umum dapat disebut sebagai peningkatan kapasitas dan kapailitas masyarakat Desa itu sendiri.

Kamis (25/04) Siang. Pemerintah Desa Babat melaksanakan Sosialisasi, Pemutakhiran dan Penetapan IDM tahun 2024 di aula Balai Desa Babat yang diikuti oleh Pemerintah Desa.

Tujuan dari pada Pendampingan IDM adalah untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah desa khususnya Perangkat Desa yang dalam hal ini Kepala Desa, Sekdes, Kasi, Kaur dan Kadus  yang dalam Permendes No. 2 Tahun 2016 diatur dan diamanatkan sebagai unsur-unsur yang terlibat atau terkait langsung dengan pengisian kuisioner IDM, mulai dari Sosialisasi, Pemutakhiran dan Penetapan IDM tahun 2024. Disamping itu pengisian kuisioner IDM dilakukan setiap Tahunnya, guna menentukan status Desa, pada saat ini Desa Babat berstatus Desa Maju, sosilalisasi dan pendampingan IDM Tahun 2024 ini dilaksanakan dengan harapan status Desa Babat dapat berubah.

Status Desa berdasarkan hasil dan rekomendasi yang dikeluarkan dari data IDM Tahun 2024 menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2025, dan APBDesa Tahun Anggaran 2025. Perkembangan Status Desa sesuai hasil Pemutakhiran IDM Tahun 2024 menjadi salah satu dasar pengalokasian Dana Desa Tahun Anggaran 2025 oleh Kementerian Keuangan;